Sari, Ermina and Oktaviani, Ira (2018) HUBUNGAN ANTARA WAKTU BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS VIII SMP DA’WAH PEKANBARU T.A 2017/2018. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 5 (2). pp. 119-128. ISSN 2598-2427
Text
2045-Article Text-4704-1-10-20190220.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (110kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara waktu belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar biologi siswa di kelas VIII SMP Da’wah Pekanbaru T.A 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di SMP Da’wah Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kusioner. Teknik uji instrumen dilakukan kepada 93 responden. Uji validitas instrumen menggunakan rumus pearson product moment sedangkan uji realibilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai r waktu belajar terhadap prestasi belajar biologi sebesar 0,268 dengan persentase 26,8%, nilai r minat belajar terhadap prestasi belajar biologi 0,394 dengan persentase 39,4 %, dan nilai koefisien korelasi ganda antara waktu belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar biologi siswa dengan nilai R = 0,395 dengan persentase sebesar 39,5%. Terdapat hubungan yang postif dengan kategori sedang antara waktu belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar biologi siswa di kelas VIII SMP Da’wah Pekanbaru T.A 2017/2018. Kata Kunci :Waktu belajar, minat belajar, prestasi belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Jurnal UNILAK > Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Putri Novianti |
Date Deposited: | 31 Dec 2019 07:04 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 07:04 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/823 |
Actions (login required)
View Item |