Analisis Pengereman Dinamik Motor Brushless Direct Current (Bldc) Pada Mobil Listrik

Siregar, Josua Perjuangan (2023) Analisis Pengereman Dinamik Motor Brushless Direct Current (Bldc) Pada Mobil Listrik. Diploma thesis, Universitas Lancang Kuning.

[img] Text
1720201087_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (698kB)
[img] Text
1720201087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (958kB) | Request a copy

Abstract

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, dan inovasi baru mulai bermunculan, tidak terkecuali pada bidang alat transportasi. Saat ini cukup banyak ditemui kendaraan bermotor yang ramah terhadap lingkungan, salah satunya yaitu mobil listrik listrik. Kendaraan elektrik atau listrik merupakan kendaraan yang menggunakan energi listrik sebagai energi penggeraknya. Pada kendaraan listrik yang digerakkan oleh motor listrik membutuhkan suatu sistem keamanan yaitu pengereman. Dalam dunia motor listrik, pengereman merupakan hal yang sangat penting karena motor yang sedang berjalan tidak dapat berhenti seketika walaupun suplai daya telah diputus. Penelitian ini menganalisis pengaruh tahanan (R) pada pengereman dinamik terhadap lama waktu berhenti motor BLDC. Dengan memberi tahanan yang berbeda-beda akan berpengaruh terhadap waktu pengereman. Pengujian tanpa pengereman dinamik dengan berat 65 kg suhu motor mencapai 43,4 C dan suhu berkurang pada saat penggunaan pengereman dinamik dengan suhu 41,7 C. Pengujian tanpa pengereman dinamik dengan berat 110 kg suhu motor mencapai 43,9 C dan suhu berkurang pada saat penggunaan pengereman dinamik dengan suhu 42,9 C. Pengujian dengan berat 65 kg pedal akselerator 100% sebelum pengereman dinamik mobil berhenti sejauh 17,35 meter dan setelah menggunakan pengereman dinamik mobil berhenti sejauh 10,45 meter. Pengujian berbeban dengan berat 110 kg sebelum pengereman dinamik mobil berhenti sejauh 13.80 meter dan setelah menggunakan pengereman dinamik mobil berhenti sejauh 8,50 meter. Penggabungan pengereman dinamik dengan pengereman mekanik membuat mobil semakin cepat berhenti. Jarak yang terdekat pada pedal akselerator 100% adalah 1,10 meter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: mobil listrik, pengereman dinamik, BLDC
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Elektro
Depositing User: Novri Hariawan
Date Deposited: 31 Jan 2024 17:22
Last Modified: 31 Jan 2024 17:22
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/3039

Actions (login required)

View Item View Item