Afidah, Maratul and Purmatisa, Ade (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN PENDEKATAN SETS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF (Studi Eksperimen di SMP Da’wah Pekanbaru T.A 2016/2017). Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 4 (1). pp. 38-45. ISSN 2598-2427
Text
365-Research Results-794-1-10-20180221.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (468kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script dengan pendekatan SETS terhadap penguasaan konsep siswa pada materi zat aditif dan adiktif di kelas VIII SMP Da’wah Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan Desember 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen the matching only pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB dengan jumlah siswa masing-masing adalah 32 dan 34 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar aktivitas guru dan siswa. Analisis data menggunakan uji-t independent 2 sample. Berdasarkan hasil uji-t N-gain,rerata Ngain kelas kontrol adalah 0.50 (kategori sedang) dan kelas eksperimen adalah 0.67 (kategori sedang). Berdasarkan dari hasil uji-t maka diperoleh data yang berbeda signifikan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script dengan pendekatan SETS berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa pada materi zat aditif dan adiktif di kelas VIII SMP Da’wah Pekanbaru T.A 2016/2017. Kata kunci: cooperative script, pendekatan SETS, penguasaan konsep, zat aditif dan adiktif
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Jurnal UNILAK > Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Putri Novianti |
Date Deposited: | 31 Dec 2019 07:11 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 07:11 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/861 |
Actions (login required)
View Item |