Menggunakan Visual Aid untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara (Speaking) Siswa SMA Kelas X Tahun Ajaran 2013/2014 di Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir Pekanbaru

Syaifullah, Syaifullah (2017) Menggunakan Visual Aid untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara (Speaking) Siswa SMA Kelas X Tahun Ajaran 2013/2014 di Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir Pekanbaru. Jurnal Pendidikan, 8 (2). pp. 143-152. ISSN 2549-063X

[img] Text
342-Research Results-752-1-10-20180221.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (98kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/art...

Abstract

Pada siswa/i kelas X SMA yang ada di Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir, khususnya di SMA Budi Luhur, peneliti menemukan bahwa siswa/I mengalami masalah dalam speaking. Masalah ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satu diantaranya adalah rasa malu atau takut salah. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti dan kolaborator, guru bahasa Inggris di kelas X SMA Budi Luhur bekerjasama melakukan penelitian kolaborasi, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengajaran bahasa Inggris dengan menggunakan media Visual Aid. Penelitian ini telah dilakukan sebanyak dua siklus atau delapan pertemuan. Sebelum melakukan tindakan, peneliti mendapatkan data awal tentang nilai speaking mereka yaitu 50. Nilai ini belum mencapai target Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Setelah melakukan tindakan, pada siklus I, peneliti dan kolaborator menemukan perobahan terhadap kemampuan speaking siswa/I kelas X SMA Budi Luhur dengan menggunakan Visual Aid. Nilai rata-rata mereka menjadi 62,8. Nilai ini juga belum mencapai atau melebihi nilai KKM yaitu 70. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II, nilai speaking siswa juga tidak ada peningkatan. Malahan nilai mereka jauh lebih buruk dari sebelumnya. Dari 30 orang siswa, hanya 1 orang yang mau berbicara dengan menggunakan Vidoe sebagai Visual Aid. Dari hasil wawancara diketahui ada beberapa hal yang menyebabkan kemampuan speaking mereka rendah; belum ada kemauan untuk berbicara, susah untuk mengucapkan kosakata, kurangnya kosakata, susah memahami kosakata, dan tidak ada minat untuk belajar bahasa Inggris. Kesimpulannya Visual Aid tidak cocok digunakan di kelas X SMA Budi Luhur untuk meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Visual Aid, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pend. Bahasa Inggris
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2019 10:14
Last Modified: 21 Oct 2019 10:14
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item View Item