PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PENINGKATAN MINAT BACA SISWA DI SDIT AL-ITTIHAD RUMBAI – PEKANBARU TAHUN PELAJARAN 2011/2012

RASIDIN, AFRIYANI (2012) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PENINGKATAN MINAT BACA SISWA DI SDIT AL-ITTIHAD RUMBAI – PEKANBARU TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lancang Kuning.

[img] Text
AFRIYANI RASIDIN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (345kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Di SDIT AL-ITTIHAD Rumbai-Pekanbaru Tahun Pelajaran 2011/2012”. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan SDIT AL-ITTIHAD RumbaiPekanbaru serta pelaksanaannya pada bulan Januari s/d Mei (Semester II) Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap peningkatan minat baca siswa Di SDIT AL-ITTIHAD Rumbai - Pekanbaru Tahun Pelajaran 2011/2012. Poupulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV s/d VI SDIT AL-ITTIHAD Rumbai Pekanbaru Tahun Pelajaran 2011/2012, jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 279 siswa. Penentuan sampel menggunakan pendapat Akdon, diperoleh sampel sebanyak 74 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari pemanfaatan perpustakaan sebagai variabel bebas dan peningkatan minat baca siswa sebagai variabel terikat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif yang menggunakan studi deskripsi yaitu dengan membuat gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta serta hubungan antar fenomena yang diteliti. Metode dan tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier sederhana dengan rumus Y = a + bX, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Konstanta sebesar 45.670 menyatakan bahwa besarnya peningkatan minat baca siswa 45.670 dengan asumi pemanfaatan perpustakaan constant koefisien regresi pemanfaatan perpustakaan 0.647 bertanda positif artinya dengan semakin meningkatnya pemanfaatan perpustakaan maka intensitas peningkatan minat baca siswa semakin tinggi, begitu juga sebaliknya. Dari persamaan regresi dapat diketahui bahwa “ada pengaruh signifikan” antara variabel pemanfaatan perpustakaan (X) dengan variabel peningkatan minat baca siswa (Y). Ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap terhadap peningkatan minat baca siswa di SDIT AL-ITTIHAD Rumbai-Pekanbaru Tahun Pelajaran 2012. Berdasarkan nilai F hitung = 44.530 dengan harga signifikansi 0,000. Karena nilai signifikansi 0,000  0,05, sehingga Ho ditolak yang berarti hipotesis alternative (H1) yang menyatakan ada terdapat pemanfaatan perpustakaan terhadap peningkatan minat baca siswa “diterima”. Kontribusi pemanfaatan perpustakaan terhadap peningkatan minat baca siswa di SDIT AL-ITTIHAD Rumbai-Pekanbaru Tahun Pelajaran 2011/2012 sebesar 38.2%, selebihnya 61.8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar kajian penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Prodi Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 6 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2019 07:24
Last Modified: 31 Dec 2019 07:24
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item View Item