Awal, Raudhah and Sutriana, Sutriana (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC) BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMAN 13 PEKANBARU T.A 2016/2017. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 4 (1). p. 70. ISSN 2598-2427
Text
373-Research Results-810-1-10-20180221.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (470kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran visual, auditory, kinesthetic berbasis lingkungan terhadap penguasaan konsep siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMAN 13 Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap bulan Januari 2017. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan the matching-only pretest-posttest control group design. Sampel penelitian siswa kelas X3 dan X4 dengan teknik pengambilan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa uji-t. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0.72 (kategori tinggi) dan pada kelas kontrol 0.53 (kategori sedang). Berdasarkan uji-t nilai N-Gain maka diambil keputusan tolak H0 yang artinya berbeda signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran visual, auditory, kinesthetic berbasis lingkungan terhadap penguasaan konsep siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMAN Negeri 13 Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: visual, auditory, kinesthetic, berbasis lingkungan, penguasaan konsep, keanekaragaman hayati.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QK Botany |
Divisions: | Jurnal UNILAK > Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Putri Novianti |
Date Deposited: | 31 Dec 2019 07:11 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 07:11 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/867 |
Actions (login required)
View Item |