PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK KELAS XI SMA NURUL FALAH PEKANBARU

Rikizaputra, Rikizaputra and Purniati, Yayuk (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK KELAS XI SMA NURUL FALAH PEKANBARU. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 4 (2). pp. 186-192. ISSN 2598-2427

[img] Text
401-Research Results-849-1-10-20180222.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (339kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/BL/article/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem gerak kelas XI. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap bulan Maret 2016 di SMA Nurul Falah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan weak-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI1 dengan jumlah siswa 30 siswa, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan melalui pretest, posttest dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa t-test. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan rerata N-Gain 0.71 (kategori tinggi). Berdasarkan hasil analisis uji paired samples t test terhadap pretest dan posttest terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem gerak kelas XI SMA Nurul Falah Pekanbaru. Kata kunci : keterampilan proses sains, pembelajaran berbasis proyek, sistem gerak

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Jurnal UNILAK > Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Novianti
Date Deposited: 31 Dec 2019 07:09
Last Modified: 31 Dec 2019 07:09
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/851

Actions (login required)

View Item View Item