Sari1, Martala and Andriani, Lusi (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR ( SPPKB ) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP N 1 LANGGAM T.A 2017/2018. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 5 (1). pp. 69-78. ISSN 2598-2427
Text
1012-Research Results-1807-1-10-20180411.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (225kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 1 Langgam bulan Januari 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan the matching only pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIa dan VIIb dengan teknik pengambilan random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa uji-t. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0,52 (kategori sedang), sedangkan kelas kontrol 0,17 (kategori rendah). Hasil uji-t terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup di kelas VII SMP Negeri 1 Langgam T.A 2017/2018. Kata kunci : Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB), Powerpoint, Hasil belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Jurnal UNILAK > Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Putri Novianti |
Date Deposited: | 31 Dec 2019 07:07 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 07:07 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/838 |
Actions (login required)
View Item |