Firda, Arlian and Wulandari, Fitri (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA LEARNING CYCLE 7e DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN TANDUR PADA MATERI JAMUR (FUNGI) DI KELAS X SMK KESEHATAN PRO-KILL INDONESIA TA. 2017/2018. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 5 (2). pp. 189-199. ISSN 2598-2427
Text
2054-Research Results-3865-1-10-20181110.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (109kB) |
Abstract
:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa Learning Cycle 7e Dengan strategi pembelajaran TANDUR pada materi jamur. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia Perawang semester genap bulan Mei Tahun Ajaran 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan adalah weak experiment dengan desain the static-group pretes- posttest. Sampel penelitian adalah siswa kelas XFarmasi (Learning Cycle 7e) dan XKeperawatan (TANDUR) dengan jumlah masing-masing kelas 30 siswa, yang diambil dengan teknik total Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent 2 Samples t-tes. Rerata N-Gain pada kelas Learning Cylce 7e 0,34 (Sedang), sedangkan pada kelas TANDUR 0,48 (Sedang). Dari hasil uji-t terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas Learning Cylce 7e dan TANDUR. Rerata total aktivitas siswa kelas Learning Cylce 7e adalah 53,33% dan rerata total aktivitas siswa kelas TANDUR adalah 84,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran model Learning Cycle 7e Dengan strategi pembelajaran TANDUR terhadap hasil belajar siswa pada materi jamur. Kata Kunci : hasil belajar, jamur, model Learning Cycle 7e, strategi pembelajaran TANDUR
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Jurnal UNILAK > Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Putri Novianti |
Date Deposited: | 31 Dec 2019 07:05 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 07:05 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/831 |
Actions (login required)
View Item |