Farhy Abbas, M. Fadhly and Herdi, Herdi (2018) Analisis Kemampuan Menulis Esai Argumentatif Mahasiswa Semester 5 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNILAK Tahun Akademik 2017/2018. Jurnal Pendidikan, 9 (1). pp. 28-34. ISSN 2549-063X
Text
918-Research Results-1630-1-10-20180402.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (44kB) |
Abstract
Penelitian ini didasari dengan adanya kebutuhan untuk mengukur dan menganalisis sejauhmana kemampuan mahasiswa dalam menulis esai argumentatif. Hasil pengukuran tersebut bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam menulis esai argumentatif yang digunakan sebagai bahan evaluasi mata kuliah Academic Writing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Yang menjadi partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 5 prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-UNILAK Tahun Akademik 2017/2018 yang berjumlah sebanyak 52 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan wawancara. Berdasarkan hasil tes, diperoleh nilai rata-rata mahasiswa adalah 78.1 dan dikategorikan ke dalam kemampuan yang baik (good). Selanjutnya, dari hasil wawancara diperoleh informasi bahwa mahasiswa mampu menulis esai dengan baik karena mahasiswa tersebut cukup mampu dan memahami cara menulis esai tersebut. Sehingga, hal ini dapat memudahkan mahasiswa dalam menulis esai argumentatif. Berdasarkan hasil temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa semester 5 prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-UNILAK Tahun Akademik 2017/2018 dalam menulis esai argumentatif dikategorikan ke dalam kemampuan yang baik. Kata kunci: Kemampuan menulis, Esai argumentatif, Academic Writing.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pend. Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 4 not found. |
Date Deposited: | 21 Oct 2019 10:12 |
Last Modified: | 21 Oct 2019 10:12 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/77 |
Actions (login required)
View Item |