PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI DENGAN TIPE EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP DANIEL HKBP RUMBAI T.A 2015/2016

SIMATUPANG, DESI (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI DENGAN TIPE EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP DANIEL HKBP RUMBAI T.A 2015/2016. Other thesis, FAKULTAS KEGURUAN & ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
SKIPSI pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
Official URL: file:///D:/download/PDF%20JURNAL%20SUDAH%20DIINPUT...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingan hasil belajar antara siswa kelas artikulasi dan explicit instruction pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap bulan April 2016 di kelas VII SMP Daniel HKBP Rumbai T.A 2015/2016. Desain penelitian yang digunakan adalah weak eksperimen dengan the static group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII1 dengan jumlah 24 dan VII2 dengan jumlah 24, yang diambil dengan teknik total sampling. Pengumpulan data melalui pretest, postest dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent 2 samples t-tes. Rerata n-gain kelas artikulasi adalah 0,77 (kategori tinggi), dan kelas explicit instruction adalah 0,44 (kategori sedang). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan pembelajaran artikulasi dan explicit instruction. Kata Kunci : artikulasi, explicit instruction, hasil belajar, penccemaran lingkungan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 02:15
Last Modified: 19 Dec 2019 02:15
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/712

Actions (login required)

View Item View Item