Maryanti, Sri and Sudiar, Nining and Suci, Afred and Hardi, Hardi (2019) Konsep OVOP Untuk Mengidentifikasi Produk Unggulan Daerah (Studi Kasus Wajik Tapai Melayu). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (3). pp. 188-191. ISSN 2614-8927
Text
2864-Article Text-7502-1-10-20190905.pdf Download (132kB) |
Abstract
Dalam penelitian ini digunakan One Village One Product (OVOP) yang bertujuan untuk menganalisis pembangunan daerah dengan tujuan memajukan ekonomi suatu daerah melalui identifikasi produk unggulan yang ada didaerah tersebut. Adapun tujuan menggunakan One Village One Product (OVOP) adalah untuk mengidentifikasi terhadap produk unggulan daerah, mengidentifikasi potensi pasar dan mengidentifikasi strategi pengembangan produk unggulan daerah menggunakan analisia SWOT terhadap produk pangan Wajik Tapai Melayu. Hasil dari penelitian ini adalah ada beberapa produk yang bisa dijadikan produk unggulan daerah di Riau salah satunya adalah produk pangan Wajik Tapai Melayu. Hal ini juga didukung oleh Pemerintah Propinsi Riau saat ini mencanangkan pengembangan objek wisata di Riau untuk menarik wisatawan untuk berkunjung ke Riau, dengan meningkatnya wisatawan ke Riau akan berdampak terhadap pertumbuhan industri kecil salah satunya produk pangan Wajik Tape Melayu yang juga menjadi Produk Unggulan Daerah di Riau. Kata Kunci: Produk Unggulan Daerah, Wajik Tape Melayu Riau, Analisis SWOT, One Village One Product (OVOP)
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Prodi Sastra Daerah/Melayu |
Depositing User: | Dina Dina |
Date Deposited: | 10 Dec 2019 04:49 |
Last Modified: | 10 Dec 2019 04:49 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/688 |
Actions (login required)
View Item |