PELAKSANAAN TUGAS BIDANG PELAYANAN PENDAFTARAN PENDUDUK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI KABUPATEN ROKAN HULU

NURHAYATI, NURHAYATI (2019) PELAKSANAAN TUGAS BIDANG PELAYANAN PENDAFTARAN PENDUDUK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI KABUPATEN ROKAN HULU. Other thesis, FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI.

[img] Text
NURHAYATI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (29kB)
Official URL: file:///D:/download/PDF%20JURNAL%20SUDAH%20DIINPUT...

Abstract

Penduduk Indonesia yang berjumlah besar dapat menjadi modal dasar pembangunan bila memiliki kualitas yang memadai. Hal ini mangacu pada konsep bahwa manusia merupakan pelaku, dan pelaksana pembangunan. Dalam pelaksanaan pelayanan, faktor kependudukan merupakan satu masalah yang cukup menentukan. Pelayanan merupakan tugas bagi aparatur pemerintahan sebagai abdi masyarakat. Kegiatan administrasi kependudukan merupakan salah satu tugas utama pemerintah yaitu pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam melaksanakan penelitian ini yaitu data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kinerja pelayanan administasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hulu. Pada penelitian ini menggunakan lima dimensi pelayanan yaitu ketampakan fisik, komunikasi, sumber daya, disposisi atau sikap dan struktur birokrasi. Ketampakan fisik terdiri dari indikator tersedianya sarana dan prasarana dan tersedianya pegawai pelayanan. komunikasi terdiri dari indikator yang menentukan keberhasilan pencapaian tujuan dari pelayanan. Sumberdaya memiliki kewenangan yang diperlukan dalam suatu kebijakan yang dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan. Sikap pegawai yang ramah dan sopan dalam memberikan informasi yang jelas. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, pelayanan yang diberikan telah berjalan dengan baik akan tetapi masih ada beberapa yang kurang, contohnya fasilitas sarana dan prasarana yang masih kurang dan jumlah pegawai yang masih kurang. Kata Kunci : Pelayanan, Administrasi, Kependudukan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Prodi Administrasi Negara
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2019 04:17
Last Modified: 10 Dec 2019 04:17
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/583

Actions (login required)

View Item View Item