Pelatihan Lesson StudyDalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Bagi Guru SMK

Bastian, Adolf and Firdaus, muhammad and Rizky, Ramanda (2023) Pelatihan Lesson StudyDalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Bagi Guru SMK. JES-TMCJournal of Engineering Science and Technology ManagementSocial and Community Service, 2 (1). pp. 47-51. ISSN 2986-3031

[img] Text
Jurnal+JESTMC+Adolf+Bastian+46-51.pdf

Download (170kB)
Official URL: https://jes-tm.org/index.php/jestmc/article/view/8...

Abstract

Kegiatanpengabdian kepadamasyarakat merupakan bentuk dari Tridharma Perguruan Tinggiyangdilakukan tim pengabdi di lembagamitrayaituSMK Kesehatan Pro Skill Indonesia yang berlokasi di Perawang. Pengabdian ini bertujuanuntukmeningkatkan kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru melalui pelatihan kegiatan Lesson Study. Metode yang digunakanberupa penyampaian materi oleh narasumber dan diskusi. Pelatihan ini diikuti oleh 12 guru yang terdiri dari berbagai jurusan di sekolah tersebut. Pelatihan ini terdiri dari sebuah siklus yang memiliki tiga tahapan yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do) dan refleksi (see). Sebelum menyampaikan materi, narasumber mempersiapkan perangkat pembelajaran dan juga media yang dibutuhkan dalam pelatihan Lesson Study. Kemudian, guru model melakukan kegiatan belajar mengajar yang diawasi oleh seorang pengamat. Setelah itu, hasil pengamatan diobservasi dan dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa pelatihan kegiatan Lesson Study mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru yang dilihat dari aspek profesional dan kedisiplinan guru dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar di kelas

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Adolf Bastian
Date Deposited: 16 Feb 2024 01:44
Last Modified: 16 Feb 2024 01:44
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/3822

Actions (login required)

View Item View Item