Identifikasi Kemampuan Guru PAUD sebagai Guru Penggerak di Pekanbaru

Sembiring, Al Khudri and Dinata, Marta and ramadansur, rahmat and Bastian, Adolf and wahyuni, sri (2023) Identifikasi Kemampuan Guru PAUD sebagai Guru Penggerak di Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (5). pp. 1-10. ISSN 2549-8959

[img] Text
Identifikasi Kemampuan Guru PAUD sebagai Guru.pdf

Download (383kB)

Abstract

Perubahan paradigma terhadap dunia pendidikan di Indonesia saat ini tidak terlepas dari dorongan di awal masa kedudukan kementerian, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengemukakan ide tentang Guru Penggerak dan Merdeka Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi unsur-unsur yang mendorong guru sehingga tertarik dan berkompeten menjadi guru penggerak, serta yang menyebabkan atau terciptanya siswa merdeka belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mengedepankan pendekatan survey lapangan, wawancara, dan pengamatan sebagai metode pengumpulan data. Analisis data menggunakan reduksi data, triangulasi data, dan sintesa data untuk menguatkan simpulan yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini adalah Terdapat tiga kategori pada kompetensi guru penggerak yaitu Guru yang terampil disekolah dapat dikategorisasikan menjadi yang mampu Guru mengembangkan diri orang lain, memimpin pembelajaran dan Guru memimpin manajamen sekolah. Guru Penggerak harus memiliki karakteristik yang kuat sebagai Guru Pemimpin. Kurikulum yang disesuaikan dengan kemampuan guru membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran di PAUD, serta meningkatkan kemampuan guru dalam memfasilitasi perkembangan komprehensif anak. Kata Kunci: anak usia dini; guru penggerak; merdeka belajar; implementasi kurikulum merdeka

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DR Adolf Bastian
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:15
Last Modified: 05 Feb 2024 04:15
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/3798

Actions (login required)

View Item View Item