Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Uptd Disdukcapil Kecamatan Kandis

Sidabutar, Roslina (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Uptd Disdukcapil Kecamatan Kandis. Diploma thesis, Universitas Lancang Kuning.

[img] Text
1763201051_BAB-I_VI_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1763201051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitan bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang pengaruh kualitas pelayanan administrasi kependudukan terhadap kepuasan masyarakat di UPTD Disdukcapil Kecamatan Kandis dengan metode penelitian kuatitatif. Instrument penelitian adalah observasi, kuesioner dan Dokumentasi.(Variabel X ) Kualitas pelayanan Konsep Teori (Zeithaml: 2018) dengan indikator Tangibel ( Berwujud), Reliability ( Kehandalan), Responsiviness (Ketanggapan), Assurence (Jaminan) dan Emphaty (Empati) dan (Variabel Y) Kepuasan masyarakat Nomensen Sinamo (2015) untuk mengukur kepuasan pelanggan adalah Prosedur pelayanan, Persyaratan pelayanan, Kedisiplinan petugas pelayanan, Tanggung jawab petugas pelayanan, Kemampuan petugas pelayanan, Kesopanan dan keramahan petugas, Kewajaran biaya pelayanan dan Kepastian jadwal pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian kualitas pelayanan di Kantor UPTD Disdukcapil Kecamatan Kandis Kabupaten Siak dimana responden menilai bahwa pernyataan Pegawai peduli kepada masyarakat dan menanyakan apa yang menjadi keperluan mereka pada indikator emphaty dengan hasil sebanyak 71 orang atau 66,98 %. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dilakukan dengan proses pelayanan yang mudah dan bersikap peduli terhadap seluruh kebutuhan dan permohonan pelayanan yang masuk di UPTD Disdukcapil Kecamatan Kandis Kabupaten Siak. Hasil penelitian kepuasan masyarakat di UPTD Disdukcapil Kecamatan Kandis Kabupaten Siak dengan didominasi oleh pernyataan Pegawai masuk kerja sudah sesuai dengan jam kerja yang berlaku dengan tanggapan respon sebanyak 56 orang atau 52,83 persen artinya responden melihat bahwa kepuasan kerja pada aspek disiplin kerja pegawai yang sudah masuk kerja berdasarkan ketentuan yang berlaku. Hasil pembahasan pada pengaruh Kualitas pelayanan pada Kantor UPTD Disdukcapil Kecamatan Kandis Kabupaten Siak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Hasil uji regresi sederhana yang di olah dengan menggunakan program SPSS versi 16.0 di peroleh suatu persamaan yaitu : Y = 16,805 + 0,516 X maka dari persamaan tersebut terlihat bahwa kedua variabel yang diteliti yaitu kualitas pelayanan (X) sangat berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat ( Y) dalam memperoleh pelayanan Publik di UPTD Disdukcapil Kecamatan Kandis Kabupaten Siak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan masyarakat,
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Prodi Administrasi Negara
Depositing User: Bayu Pramana
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:09
Last Modified: 27 Mar 2024 07:09
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/3771

Actions (login required)

View Item View Item