Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Terkait Harga Masker Yang Melonjak Tinggi Saat Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Rokan Hulu Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen

Saputra, Randika (2022) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Terkait Harga Masker Yang Melonjak Tinggi Saat Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Rokan Hulu Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Diploma thesis, Universitas Lancang Kuning.

[img] Text
1874201264_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1874201264_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB) | Request a copy

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini ada tiga, (pertama), bagaimanakah perlindungan hukum terhadap konsumen terkait harga masker yang melonjak tinggi saat pandemi Covid-19 di Kabupaten Rokan Hulu berdasarkan UndangUndang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen? (kedua), apakah faktor penghambat perlindungan hukum terhadap konsumen terkait harga masker yang melonjak tinggi saat pandemi Covid-19 di Kabupaten Rokan Hulu berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen? (ketiga), bagaimanakah cara mengatasi hambatan perlindungan hukum terhadap konsumen terkait harga masker yang melonjak tinggi saat pandemi Covid-19 di Kabupaten Rokan Hulu berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen?. Tujuan penelitian untuk menjelaskan perlindungan hukum terhadap konsumen, untuk mendeskripsikan faktor penghambat perlindungan hukum terhadap konsumen, untuk mendeskripsikan pemerintah dalam perlindungan hukum terhadap konsumen. Jenis penelitian yang diterapkan oleh penulis adalah penelitian hukum sosiologis. Dalam penelitian ini, sumber data adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung dengan wawancara kepada responden, dan data sekunder yaitu diperoleh melalui buku-buku, laporan-laporan resmi, data tersier yaitu dalam hal ini berupa jurnal dan dokumen lainnya. Lokasi penelitian bertempat di Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Penulis mengambil lokasi ini karena adanya kenaikan harga masker 2x lipat dari harga normal hal tersebut melanggar UndangUndang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan disetiap perlindungan konsumen di Kabupaten Rokan Hulu bisa dikatakan masih kurang baik, hal tersebut dikarenakan kurangnya kesadaran dari konsumen dan pelaku usaha, dimana pelaku usaha ini memberikan informasi bohong mengenai harga masker dan konsumen merasa hak-haknya tidak terpenuhi dalam hal ini pemerintah harus berperan aktif untuk menindaklanjuti permasalahan yang terjadi antara konsumen dan pelaku usaha, dalam menindaklanjuti permasalahan ini perlu juga peran aktif dari masyarakat atau konsumen yaitu dengan cara melaporkan keluhan-keluhan yang dialami oleh konsumen kepada pihak pemerintah terkait, dan pemerintah harus tegas diantaranya dengan melakukan sosialisai kepada pelaku usaha, teguran lisan, apabila teguran tersebut tidak didengarkan maka dikenakan sanksi. Dan juga hal spontan yang harus dilakukan pemerintah yaitu dengan mengadakan sidak dengan secara tiba-tiba. Dari kesimpulan yang penulis paparkan di atas penulis menulis saran kepada pihak pelaku usaha penjual masker harus mengutamakan kejujuran dalam memberikan informasi kepada konsumen atau masyarakat agar terwujudnya perlindungan konsumen, begitupun terhadap konsumen yang harus berperan aktif dalam memperjuangkan hak-haknya sebagai konsumen dalam transaksi jual beli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan konsumen, Masker, Covid-19
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Prodi Hukum
Depositing User: Fitrah Hamidy
Date Deposited: 27 Mar 2024 01:27
Last Modified: 27 Mar 2024 01:27
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/3713

Actions (login required)

View Item View Item