Inovasi Pelayanan Publik Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpmptsp) Kota Pekanbaru

Hutabarat, Juni Yulfiyanti (2022) Inovasi Pelayanan Publik Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpmptsp) Kota Pekanbaru. Diploma thesis, Universitas Lancang Kuning.

[img] Text
1863201119_BAB-I_VI_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1863201119_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Inovasi pelayanan perizinan telah dilakukan Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru yang berfokus pada pelayanan pengurusan izin Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dengan menggunakan inovasi SIMBG. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Inovasi Pelayanan Publik pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru berbasis website. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dengan instrumen observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah Inovasi menurut Rogers (2010:9) dalam pelaksanaannya untuk menghasilkan kualitas pelayanan yang baik dengan indikator Relative Advantage (Keuntungan Relatif), Compability (Kesesuaian), Complexity (Kerumitan), Triability (Kemungkinan dicoba), Observability (Kemudahan diamati). Dalam penelitian ini, peneliti menetapkan informan menjadi sumber data yang akurat diantaranya Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan A, Kepala Seksi Bidang Pelayanan Perizinan A/I, Kepala Seksi Bidang Pelayanan Perizinan A/II, Staff Bidang Pelayanan Perizinan A dan Masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi SIMBG berbasis website ini merupakan terobosan baru yang efektif dan sudah berjalan dengan baik sebagai upaya pembaharuan pelayanan pengurusan perizinan, namun masih terdapat kendala dari waktu penerbitan izin yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pelayanan Perizinan, Kualitas Pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Prodi Administrasi Negara
Depositing User: Bayu Pramana
Date Deposited: 14 Mar 2024 05:00
Last Modified: 14 Mar 2024 05:00
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/3565

Actions (login required)

View Item View Item