Penyelesaian Wanprestasi Dalam Perjanjian Pembiayaan Konsumen Pada Pt Adira Finance Cabang Pangkalan Kerinci

Sidabutar, Chyntia Adelina (2022) Penyelesaian Wanprestasi Dalam Perjanjian Pembiayaan Konsumen Pada Pt Adira Finance Cabang Pangkalan Kerinci. Diploma thesis, Universitas Lancang Kuning.

[img] Text
1874201132_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
1874201132_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Pertama, bagaimana penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian pembiayaan konsumen pada PT Adira Finance cabang Pangkalan Kerinci? Kedua, bagaimana hambatan-hambatan penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian pembiayaan konsumen pada PT Adira Finance cabang Pangkalan Kerinci? Ketiga, bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian pembiayaan konsumen pada PT Adira Finance cabang Pangkalan Kerinci? Tujuan penelitian ini adalah : Pertama, untuk menjelaskan tentang penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian pembiayaan konsumen pada PT Adira Finance cabang Pangkalan Kerinci. Kedua, untuk menjelaskan hambatan-hambatan yang ada dalam penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian pembiayaan konsumen di PT Adira Finance cabang Pangkalan Kerinci. Ketiga, untuk menjelaskan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan yang timbul saat penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian pembiayaan konsumen pada PT Adira Finance cabang Pangkalan Kerinci. Penelitian ini menggunakan metode secara langsung di lapangan dengan bersifat penelitian hukum sosiologis. Hasil penelitian ini diakui bahwa penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian pembiayaan konsumen pada PT Adira Finance cabang Pangkalan Kerinci diselesaikan dengan 2 cara yakni secara non litigasi yang berupa pemberian surat peringatan sampai 3 kali untuk nantinya akan dilakukan musyawarah untuk dapat ditemukan jalan keluarnya, namun jika memang tidak ada respon yang baik maka penyelesaian dilakukan dengan cara penyitaan objek jaminan dan nantinya akan dilakukan pelelangan guna menutupi hutang debitur yang ada dan jika objek jaminan telah rusak, hilang, musnah dan telah dipindahtangankan maka akan ditempuh dengan cara litigasi yakni dilaporkan ke pihak berwajib dengan pasal penipuan dan penggelapan. Hambatan dalam penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian pembiayaan konsumen adalah adanya keterlamabatan pembayaran cicilan/angsuran yang telah jatuh tempo selama berbulan-bulan, hilang/musnahnya objek jaminan, debitur telah pindah alamat tanpa sepengetahuan PT Adira Finance cabang Pangkalan Kerinci selaku kreditur dan objek jaminan yang telah dipindahtangankan ke orang lain tanpa sepengetahuan PT Adira Finance cabang Pangkalan Kerinci. Upaya penyelesaiannya adalah perlu adanya pembenahan watak dari debitur dan diperlukannya kesadaran hukum karena apabila orang tersebut sudah mengetahui konsekuensinya jika melakukan wanprestasi dan diperlukan adanya ketegasan terhadap debitur yang dicurigai akan melakukan wanprestasi agar menyadari bahwa hutang harus dibayar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Debitur, Wanprestasi, Perjanjian Pembiayaan Konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Prodi Hukum
Depositing User: Fitrah Hamidy
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:49
Last Modified: 14 Mar 2024 04:49
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/3558

Actions (login required)

View Item View Item