Perlindungan Hukum Terhadap Driver Gojek Atas Orderan Fiktif Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Di Kota Pekanbaru

Vicma, M. Rachel Selcio (2020) Perlindungan Hukum Terhadap Driver Gojek Atas Orderan Fiktif Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Di Kota Pekanbaru. Diploma thesis, Universitas Lancang Kuning.

[img] Text
1674201549_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1674201549_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang permasalahan pada penelitian ini mendeskripsikan tentang permasalahan orderan fiktif menurut Undang-Undang Perlindungan Konsumen yang berlaku di Indonesia, mengetahui tentang bagaimana penyelesaian Driver Gojek yang mendapatkan orderan fiktif sekaligus cara Driver untuk untuk menghindari orderan fiktif dan bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap Driver GOJEK. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu 1) Bagaimana praktek terjadinya orderan fiktif yang terjadi terhadap Driver Gojek di Kota Pekanbaru. 2) Bagaimana perlindungan hukum terhadap Driver Gojek atas orderan fiktif berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen di Kota Pekanbaru. 3) Bagaimana penerapan sanksi terhadap pelaku orderan fiktif berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen yang terjadi di Kota Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana praktek terjadinya orderan fiktif terhadap Driver Gojek di Kota Pekanbaru, untuk menjelaskan perlindungan hukum terhadap Driver Gojek atas orderan fiktif berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen di Kota Pekanbaru untuk menjelaskan bagaimana penerapan sanksi terhadap pelaku orderan fiktif berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen yang terjadi di Kota Pekanbaru. Kegunaan penelitian diajukan guna melengkapai persyaratan memperoleh gelar sarjana hukum di Universitas Lancang Kuning Pekanbaru, penelitian ini dapat berguan sebagai penambah khasanah ilmu khususnya terkait penerapan sanksi terhadap peraktek orderan fiktif, penelitian ini dapat berguna bagi pihak terkait yang berhubungan dengan penelitian dalam mengambil kebijakan. Metode penelitian ini adalah penelitian hukum yuridis sosiologis dengan pendekatan diskriptif analisis. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kota Pekanbaru, khususnya di kantor Gojek di Kota Pekanbaru, beberapa basecamp atau pangkalan tempat berkumpulnya para Driver GOJEK, serta beberapa lokasi lainnya yang terdapat Driver Gojek. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hal yang menyebabkan terjadinya orderan fiktif oleh konsumen/oknum Driver dikarenakan faktor ekonomi. Konsumen/oknum Driver menemukan celah pada aplikasi Gojek untuk mendapatkan keuntungan pribadi, dan dikarenakan sulitnya mendapatkan konsumen. Dari pihak Gojek sendiri perlindungan terhadap Driver diwujudkan dalam bentuk penggantian biaya yang keluar akibat orederan fiktif. Dan penerapan sanksi oleh Perusahaan Gojek terhadap pelaku orderan fiktif hanya melakukan pembekuan akun oknum orderan fiktif tersebut, tidak adanya proses lanjutan permasalahan di jalur hukum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: GO-JEK, Driver, Perlindungan Hukum
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Prodi Hukum
Depositing User: Novri Hariawan
Date Deposited: 31 Jan 2024 17:42
Last Modified: 31 Jan 2024 17:42
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/3257

Actions (login required)

View Item View Item