Analisa Pengontrolan Motor Dc Sebagai Penggerak Kendaraan Listrik

Nababan, Edi Santoni (2022) Analisa Pengontrolan Motor Dc Sebagai Penggerak Kendaraan Listrik. Diploma thesis, Universitas Lancang Kuning.

[img] Text
1720201031_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
1720201031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Masalah global kelangkaan bahan bakar fosil dimana dikarenakan penggunaan sumber energi tersebut sangat tinggi dan tidak ramah lingkungan serta bukan sumber energi terbaharukan, maka dirancanglah kendaraan listrik yang mengunakan motor listrik sebagai penggerak kendaraan tersebut, karena energi listrik didapatkan dari sumber energi terbaharukan dan ramah lingkungan, karena menggunakan motor listrik maka dibutuhkan pengontrolan motor tersebut sebagai penggerak kendaraan listrik. Menganalisis efisiensi Permanent Magnet Direct Current Motor (PMDC) yang digunakan pada saat diberi pengontrolan dan tanpa pengontrolan pada sepeda listrik beserta pengontrolan berbeban dan tidak berbeban. Awal penelitian dimulai dengan persiapan pengontrolan, pembuatan rangkaian pengontrolan pada multisim serta pengujian pengontrolan pada motor saat berbeban dan tidak berbeban. Cara pengontrolan kecepatan Motor PMDC disepeda listrik adalah dengan metode rangkaian DC Chopper menggunakan MOSFET CS48N75A atau sejenisnya dengan sistem penguatan diawal Mulai dari Output Throttle yang dikuatkan oleh LM339 kemudian dikirim ke Driver MOSFET sebagai Switch MOSFET untuk pengatur besaran tegangan Input pada Motor PMDC. Throttle 100% Tegangan pada Output Driver MOSFET adalah 11,58 V, Output MOSFET adalah 0,205 V, dan Input Motor adalah 24,94 V. Komsumsi Daya Motor PMDC saat menggunakan controller adalah 44,4 Watt dan saat tanpa menggunakan controller adalah 42,72 Watt. Efisiensi Motor PMDC saat menggunakan controller adalah 92,29 % dan saat tanpa menggunakan controller adalah 92,58 %. Menggunakan baterai litium yang kontruksinya lebih ringan, kecil. Serta mudah dalam mengatur besar tegangan, arus, dan kapasitansi yang kita butuhkan. Dan juga apabila ada kerusakan bisa diganti satuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengontrolan, Motor PMDC, Controller, Sepeda Listrik Hybrid, PWM, DC Chopper.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Elektro
Depositing User: Fitrah Hamidy
Date Deposited: 31 Jan 2024 17:29
Last Modified: 31 Jan 2024 17:29
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/3140

Actions (login required)

View Item View Item