Studi Pengereman Regeneratif Untuk Pengisian Baterai Pada Mobil Listrik

Daniel, Lambas (2020) Studi Pengereman Regeneratif Untuk Pengisian Baterai Pada Mobil Listrik. Diploma thesis, Universitas Lancang Kuning.

[img] Text
1720201058_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (656kB)
[img] Text
1720201058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu solusi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar fosil ditengah naiknya kebutuhan akan alat transportasi adalah dengan menciptakan kendaraan listrik seperti mobil listrik dan kendaraan listrik lainnya. Pengguna mobil listrik sangat efektif dan tidak menimbulkan polusi udara. Sistem pengereman yang digunakan pada mobil listrik umumnya hanya mengandalkan pengereman mekanik yang banyak membuang energi kinetik menjadi panas. Alangkah baiknya energi yang terbuang pada pengereman tersebut dapat dimanfaatkan kembali untuk pengisian daya ke baterai sehingga meningkatkan efisiensi dan jarak tempuh dari mobil listrik. Pada penelitian ini akan dilakukan beberapa tahapan untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan. Pertama melakukan studi mengenai sistem pengereman regeneratif, selanjutnya mencari data yang mendukung penelitian hingga akhirnya didapat hasil yang menjawab perumusan masalah. kemampuan pengereman dan besar arus yang diserap baterai untuk kecepatan 10 km/jam mendapatkan rata-rata pengisian arus sebesar 7,15 Ampere. Untuk kecepatan 20 km/jam mendapatkan rata-rata pengisian arus 12,84 Ampere setelah menggunakan sistem pengereman regeneratif. Tambahan jarak yang dapat ditempuh motor listrik dengan sistem regeneratif mendapatkan jarak tambahan pada kecepatan 10 km/jam dengan hasil 1,06 km. Dan tambahan pada kecepatan 20 km/jam dengan hasil 1,13 km. Efisiensi sistem pengereman regeneratif yang dicapai dalam sekali pengereman pada kecepatan 10 km/jam yaitu 1,41 % dan pada kecepatan 20 km/jam yaitu 1,47 %. Presentasi perbandingan dari hasil penelitian didapat jarak tempuh tanpa sistem pengereman regeneratif 5,12 km, sedangkan jarak tempuh dengan menggunakan sistem pengereman regeneratif 6,18 km. Didapat hasil presentasi perbandingan 17,1 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mobil Listrik, Sistem Pengereman Regeneratif, Efisiensi.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Elektro
Depositing User: Novri Hariawan
Date Deposited: 31 Jan 2024 17:24
Last Modified: 31 Jan 2024 17:24
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/3063

Actions (login required)

View Item View Item