Afni, Rewita (2022) Penerapan E-commerce Untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kue Bangkit Syempana Pekanbaru. Diploma thesis, Universitas Lancang Kuning.
Text
1857201014_BAB-I_VI_DAFTAR-PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
1857201014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Syempana merupakan UMKM yang bergerak dibidang penjualan makanan yaitu kue bangkit..Dilihat dari distribusi penjualan, dan kelebihan dari UMKM ini terletak dari segi rasa yang enak dan telah banyak menghadiri berbagai event pameran UMKM diberbagai tempat. Dan adapun kekurangannya yaitu UMKM ini hanya berpatokan pada peletakan barang ke toko toko saja, padahal bisa dikatakan teknologi semakin canggih sehingga bisa go internet mengunakan website e-commerce sebagai salah satu media penjualan dan promosi, maka akan memperluas daerah pemasaran produk dan memudahkan pembeli untuk memilih dan memesan produk tersebut sehingga dapat meningkatkan omset penjualan. Untuk bisa menggunakan aplikasi website pelanggan bisa melakukan registrasi kemudian login dan pelanggan bisa memilih barang yang ingin dibeli. Setelah melakukan pembelian,pelanggan bisa mengikuti langkah pembelian dengan cara pembayaran untuk bisa diproses barang yang telah dibeli. Dan untuk pembuatan web itu sendiri melalui banyak tahap seperti mengetahui analisis yang dibutuhkan,analisis kebutuhan, mendesain sistemnya,dan mendesain hasil dari web itu sendiri. Untuk mendapatkan omset yang tinggi dari pesaing lainnya dan UMKM harus melakukan strategi perencanaan sumber daya yaitu dengan cara proses pelatihan dan pengembangan dengan cara mengikuti berbagai event, untuk perencanaan karir dari UMKM itu sendiri. Penyusunan skripsi ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi penjualan berbasis e-commerce, dimana pelanggan dapat melakukan pemesanan pada website yang telah dibuat dan dapat membantu UMKM dalam meningkatkan penjualan. Dalam pengembangan aplikasi ini penulis menggunakan metode waterfall, dengan sistem analisis dan perancangan menggunakan pengumpulan data dan wawancara. Sedangkan dalam penerapan sistem penulis menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQLsebagai media basis data. Dengan adanya sistem ini, UMKM dapat lebih mudah memberikan informasi kepada pelanggan yang nantinya berpengaruh pada peningkatan penjualan dan loyalitas pelanggan terhadap produk UMKM itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UMKM, E-commerce, Waterfall |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Prodi Sistem Informasi |
Depositing User: | Fitrah Hamidy |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 17:23 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 17:23 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/3051 |
Actions (login required)
View Item |