Analisis Kepuasan Penggunaan Aplikasi E-SIKAP Pada Daftar Kehadiran Kerja PT. Angkasa Pura Solusi Menggunakan Metode Webqual 4.0

Afdhal, Afdhal (2022) Analisis Kepuasan Penggunaan Aplikasi E-SIKAP Pada Daftar Kehadiran Kerja PT. Angkasa Pura Solusi Menggunakan Metode Webqual 4.0. Diploma thesis, Universitas Lancang Kuning.

[img] Text
1857201069_BAB-I_VI_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1857201069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi e-skap adalah aplikasi berbasis android yang diluncurkan oleh PT. Angkasa Pura Solusi untuk membantu karyawan melakukan presensi kehadiran melalui smartphone. Tujuan analisis aplikasi e-Sikap adalah mengetahui kepuasan dari aplikasi ini terhadap karyawan dan mendapatkan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan aplikasi e-sikap. Untuk menunjang penelitian, peneliti melakukan observasi, wawancara, studi literatur sejenis, dan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan yang menggunakan aplikasi ini untuk presensi kerja. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yang dimana menentukan jawabannya dari karyawan yang langsung menggunakan aplikasi e-sikap. Pengukuran kepuasan aplikasi e-sikap dilakukan dengan memakai tiga variabel dalam Webqual 4.0. dan EUCS yaitu kemudahan penggunaan (Usability Quality), Kualitas Informasi (Information Quality), Kualias Interaksi (Service Interaction Quality), dan Konten (Content). Data penelitian ini diperoleh dari 100 orang responden dengan menggunakan kuesioner. Hasilnya, seluruh variabel pada model yang diajukan terbukti berpengaruh pada pembentukan kepuasan pengguna walaupun ada beberapa variabel memiliki nilai konstruk tidak memenuhi aturan dari Smart PLS akan tetapi dengan menggunaakn refrensi dari penelitian sebelumnya maka nilai tersebut cukup. Variabel dengan nilai tertinggi dalam pembentukan kepuasan pengguna Aplikasi e-sikap adalah Information Quality. Usability Quality dan Service Interaction Quality menjadi variabel yang perlu ditingkatkan sehingga kepuasan pengguna dapat terbentuk lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi e-Sikap, Kepuasan Pengguna, Webqual 4.0, EUCS, PLSSEM, SmartPLS.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Fitrah Hamidy
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:34
Last Modified: 09 Jan 2024 03:34
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/2968

Actions (login required)

View Item View Item