Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani Studi Kasus : Fib Unilak

Prayoga, Edo (2022) Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani Studi Kasus : Fib Unilak. Diploma thesis, Universitas Lancang Kuning.

[img] Text
1655201028_BAB-I_VI_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1655201028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy

Abstract

Pada awal tahun 2020, dunia dihebohkan dengan pandemi virus corona (COVID-19) yang menyerang sistem pernafasan manusia dan menjadi krisis kesehatan yang pertama dan terutama di dunia. Berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengenai upaya pencegahan dan penyebaran pandemi COVID-19 maka semua aktivitas pembelajaran tatap muka di sekolah maupun perguruan tinggi selama masa pandemi ini diliburkan untuk sementara waktu dan digantikan dengan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran secara online. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning Pekanbaru merupakan salah satu institusi yang mengikuti peraturan dari pemerintah yaitu juga melakukan pembelajaran secara daring. Ada beberapa mahasiswa yang bekerja merasa efektif untuk melakukan pembelajaran daring karena terbantu dalam segi pekerjaan dan ada juga mahasiswa yang merasa kurang efektif tentang pembelajaran daring tersebut yang mungkin juga di sebabkan oleh beberapa faktor seperti kuota, jaringan yang memadai dan faktor lainnya. Logika fuzzy merupakan ilmu yang mempelajari mengenai ketidakpastian. Logika fuzzy juga mampu untuk memetakan suatu ruang input kedalam suatu ruang output dengan tepat. Dalam teori sistem fuzzy dikenal suatu konsep sistem fuzzy yang digunakan dalam proses prediksi. Salah satu metode yang digunakanya itu metode mamdani. Hasil analisis perkuliahan daring pada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning Pekanbaru EFEKTIF selama masa pandemi covid-19 yang dipengaruhi oleh penyampaian Media Pembelajaran, Penyampaian Materi, Dukungan, Tugas dan Waktu dengan nilai output Matlab yang didapat adalah sebesar 150.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fuzzy, Mamdani, Efektivitas Pembelajaran, FIB UNILAK
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Prodi Teknik Informatika
Depositing User: Fitrah Hamidy
Date Deposited: 03 Jan 2024 07:29
Last Modified: 03 Jan 2024 07:29
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/2916

Actions (login required)

View Item View Item