Strategi Pengembangan Agroindustri Keripik Ubi Kayu Di kelurahan Sialang Rampai Kecamatan Kulim Kota Pekanbaru (Studi Kasus Di Agroindustri Keripik Ubi Kayu “Mak Uwo”)

Putri, Meila (2021) Strategi Pengembangan Agroindustri Keripik Ubi Kayu Di kelurahan Sialang Rampai Kecamatan Kulim Kota Pekanbaru (Studi Kasus Di Agroindustri Keripik Ubi Kayu “Mak Uwo”). Diploma thesis, Universitas Lancang Kuning.

[img] Text
1754201001_BAB-I_VI_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1754201001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kekuatan dan kelemahan yang dihadapi agroindustri keripik ubi kayu “mak uwo” di Kelurahan Sialang Rampai Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. (2) Mengetahui peluang dan ancaman dalam pengembangan agroindustri keripik ubi kayu “mak uwo” di Kelurahan Sialang Rampai Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. (3) Mengetahui strategi apa yang dilakukan dalam pengembangan potensi agroindustri keripik ubi kayu “mak uwo” di Kelurahan Sialang Rampai Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan responden menggunakan daftar pertanyaan di kuisioner dan data sekunder diperoleh dari instansi/ lembaga yang terkait dengan penelitian. Metode dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling (pengambilan sampel secara sengaja) sebanyak 15 orang responden. Hasi penelitian menujukkan bahwa faktor-faktor internal yang didapat yaitu kekuatannya adalah : lokasi usaha yang strategis, ketahanan produk atau awet, memiliki merk pada kemasan, memiliki pelanggan tetap, memiliki varian rasa. kelemahannya adalah : tidak memiliki cabang usaha, kemasan produk sederhana, teknologi masih sederhana, promosi nbelum efektif. Foktor eksternal yaitu Peluangnya adalah : dapat dijadikan sebagai oleh-oleh, dukungan dari pemerintah, ketersediaan bahan baku, pangsa pasar masih luas, dan ancamannya adalah : pesaing dari industri sejenis, fluktuasi harga bahan baku, kenaikan harga sarana produksi, cuaca alam tidak menentu. Strategi yang tepat dalam Pengembangan keripik ubi kayu “Mak Uwo” ini adalah strategi Strengths-Opportunitiess (SO) yaitu memanfaatkan kekuatan untuk mendapatkan peluang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Strategi, keripik Ubi Kayu
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pertanian > Prodi Agribisnis
Depositing User: Muhammad Mukrizal
Date Deposited: 16 May 2023 02:16
Last Modified: 16 May 2023 02:16
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/2901

Actions (login required)

View Item View Item