Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game Pembelajaran Matematika Untuk Anak SMK Negeri 3 Pekanbaru

Fernando, Antonius (2022) Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game Pembelajaran Matematika Untuk Anak SMK Negeri 3 Pekanbaru. Diploma thesis, Universitas Lancang Kuning.

[img] Text
1855201169_BAB-I_VI_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1855201169_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Matematika merupakan sebuah bidang study wajib yang dipelajari dari mulai sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan perguruan tinggi. Pelajaran matematika sangat penting, karena dapat membantu setiap warga negara dalam bertranksaksi dalam jual beli suatu barang, karena dapat menghitung jumlah pemasukan dan pengeluaran dalam suatu usaha dan berbagai macam contoh lainnya yang berkaitan dengan pelajaran matematika. Dalam Pembelajaran matematika, siswa mengalami kendala dalam memahami materi matematika. Adapun masalah yang dihadapi siswa yaitu kurangnya pemahaman siswa dalam mempelajari matematika dikarenakan siswa sudah terbiasa mencari jawaban di internet. Dalam mengatasi kendala yang dialami oleh siswa guru berusaha untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran matematika dengan mengajarkan dengan perlahan sehingga siswa dapat mulai memahami pembelajaran matematika. Pada saat guru selesai menjelaskan, beberapa siswa kurang memahami dan meminta guru untuk menjeleskan kembali dari awal. Game pembelajaran ini dibuat untuk meningkatkan minat belajar anak SMK tidak bosan dalam belajar matematika, karena kebanyakan para siswa tidak berminat untuk belajar matematika dikarenakan materinya sulit dipahami dan memudahkan guru dalam mengulang kembali materi yang dipaparkan oleh guru. Dalam aplikasi matematika ini akan dibuat aplikasi mobile berbasis multimedia. Aplikasi matematika ini mendukung multimedia video, suara, gambar, teks dan juga teks. Penelitian ini bertujuan untuk membuat Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game Pembelajaran Matematika untuk Anak Sekolah Dasar. Metode pengumpulan data dengan cara browsing internet, mempelajari buku, jurnal. FSM sebagai AI (Artificial Intelligence). Dengan adanya game ini diharapkan dapat menambah pengetahuan serta mempermudah proses pembelajaran Matematika. Hasil dari Aplikasi ini adalah aplikasi ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan pengujian black boxdan Penerapan Metode Finite State Machine dapat diterapkan juga didalam aplikasi ini sesuai dengan pengujian metode Finite State Machine.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Matematika, Implementasi Game, Game Pembelajaran
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Prodi Teknik Informatika
Depositing User: Fitrah Hamidy
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:47
Last Modified: 29 Dec 2023 03:47
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/2827

Actions (login required)

View Item View Item