PERSEPSI GURU BAHASA INGGRIS TERHADAP PEMANFAATAN DAN TANTANGAN PENGGUNAAN TIK DI SMA SEDERAJAT DI PEKANBARU

Marwa, Marwa and Andriani, Refika (2023) PERSEPSI GURU BAHASA INGGRIS TERHADAP PEMANFAATAN DAN TANTANGAN PENGGUNAAN TIK DI SMA SEDERAJAT DI PEKANBARU. Seminar Nasional Sekolah Pascasarjana Universitas Lancang Kuning, 1 (1). pp. 53-65.

[img] Text
Prosiding SENASPU UNILAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Prosiding SENASPU UNILAK.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/Senaspu/art...

Abstract

Penelitian survei ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi guru terhadap penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pengajaran, efektifitas penggunaan TIK dalam proses pembelajaran siswa dan tantangan pengintegrasian TIK dalam pengajaran dan pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini melibatkan guru Bahasa Inggris dari 30 sekolah menengah atas dan sederajat di kota Pekanbaru. Kuesioner/angket yang diadopsi dari Ghavifekr & Athirah (2015) digunakan dalam penelitian survei ini sebagai instrumen pengumpulan data. Data yang diperoleh dari angket dianalisis dengan menggunakan SPSS untuk mencari statistik deskriptif seperti Mean dan Standard Deviation (SD). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecenderungan atau tingkat persetujuan guru terhadap penggunaan TIK dan kendala pengintegrasiannya dalam pengajaran dan pembelajaran berada pada level persepsi “Menengah” atau “Moderate” dengan skor Mean 3,64 (SD 0,41). Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa guru harus mempunyai persepsi yang positif terlebih dahulu terhadap penggunaan TIK dalam pengajaran dan pembelajaran karena hal ini dapat memfasilitasi proses pengintegrasian TIK di sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: TIK, pengajaran, guru bahasa inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pend. Bahasa Inggris
Depositing User: Marwa Marwa
Date Deposited: 27 Feb 2023 04:03
Last Modified: 27 Feb 2023 04:03
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/2747

Actions (login required)

View Item View Item