SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BANTUAN PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) PADA SEKOLAH DASAR 102 PEKANBARU MENGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTHING (SAW)

Nur, Syahrun (2020) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BANTUAN PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) PADA SEKOLAH DASAR 102 PEKANBARU MENGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTHING (SAW). Other thesis, Universitas Lancang Kuning.

[img] Text
Cover.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (184kB)

Abstract

Program Indonesia Pintar melalui KIP merupakan pemberian bantuan tunai pendidikan kepada seluruh anak usia sekolah (6-21 tahun) yang menerima KIP, atau yang berasal dari keluarga miskin dan rentan, atau anak yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam pemilihan penerima bantuan program Indonesia pintar di SD 102 Pekanbaru, terdapat beberapa pertimbangan dan kriteria dalam pengambilan keputusan. Dalam penelitian ini dimulai dari mengambil sempel data tanggungan orang tua, penghasilan orang tua, pekerjaan orang tua, dan nilai rata-rata lapor siswa di SD 102 Pekanbaru. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan adalah metode Simple Additive Weighting (SAW) dalam melakukan pengambilan keputusan untuk menyeleksi siswa mana yang menerima beasiswa secara tepat dan akurat berdasarkan kriteria-kriteria penilaian setiap siswa di SD 102 Pekanbaru. Aplikasi berbasis komputer yang dibangun yaitu menggunakan bahasa pemrograman PHP. Sehingga diharapkan dapat membantu mempercepat proses seleksi dan pengambilan keputusan dalam menentukan siapa penerima beasiswa. Kata Kunci: Program Indonesia Pintar, Pertimbangan, Metode SAW

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Prodi Teknik Informatika
Depositing User: mhs ip wira wahyu
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:37
Last Modified: 09 Jun 2022 04:37
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/2245

Actions (login required)

View Item View Item