PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI GERAK TUMBUHAN DI MTs TAUFIQ WALHIDAYAH PEKANBARU TAHUN AJARAN 2013/2014

Mariana, Mariana and Dwi Cahyani, Reiza (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI GERAK TUMBUHAN DI MTs TAUFIQ WALHIDAYAH PEKANBARU TAHUN AJARAN 2013/2014. Lectura: Jurnal Pendidikan, 5 (1). pp. 1-10. ISSN 2549-063X

[img] Text
154-Research Results-330-1-10-20180215.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (111kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/art...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ekspositori dengan menggunakan media gambar terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi gerak tumbuhan. Penelitian dilaksanakan di MTs Taufiq Walhidayah Pekanbaru semester genap pada Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2014 di MTs Taufiq Walhidayah Pekanbaru. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII1 dan VIII2 dengan jumlah siswa masing-masing 20 orang yang diambil dengan cara teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji t independent 2 sample apabila data berdistribusi normal dan homogen. Rerata N-gain kelas eksperimen adalah 0,78 kategori tinggi dan pada kelas kontrol 0,21 kategori rendah. Berdasarkan hasil uji statistik terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ekspositori dengan menggunakan media gambar terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi gerak tumbuhan di MTs Taufiq Walhidayah Pekanbaru Tahun Ajaran 2013/2014. Kata kunci : ekspositori, media gambar, hasil belajar, gerak tumbuhan

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2019 10:21
Last Modified: 21 Oct 2019 10:21
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item View Item