PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEACHING GAME TEAM (TGT) DENGAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SIRKULASI DARAH DI KELAS VIII SMPN 19 PEKANBARU

Mariana, Mariana and Wulantika, Dira (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEACHING GAME TEAM (TGT) DENGAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SIRKULASI DARAH DI KELAS VIII SMPN 19 PEKANBARU. Jurnal Pendidikan, 7 (2). pp. 18-32. ISSN 2549-063X

[img] Text
249-Research Results-602-1-10-20180219.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (157kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/art...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai pengaruh pembelajaran kooperatif model (Teaching Game Team) TGT dengan (Course Review Horay) CRH terhadap penguasaan konsep sirkulasi darah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November di SMP Negeri 19 Pekanbaru kelas VIII Semester I Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian the matching only Pretest Posttest Control group Design.. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas kontrol VIII2 dengan jumlah siswa 33 dan kelas eksperimen VIII1 dengan jumlah siswa 33. Dalam penelitian ini sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji-t independent 2 sample dan uji U-Mann Whitney. Rerata N-gain pada kelas eksperimen 0,75 (kategori tinggi) dan pada kelas kontrol 0,49 (kategori sedang). Berdasarkan uji statistik terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan demikian data disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif model TGT dengan CRH terhadap penguasaan konsep sirkulasi darah di kelas VIII SMPN 19 Pekanbaru. Kata kunci : Course Review Horay,Teaching Game Team, penguasaan konsep, sirkulasi darah.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2019 10:16
Last Modified: 21 Oct 2019 10:16
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/129

Actions (login required)

View Item View Item