PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP ANTARA SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING DENGAN GUIDED INQUIRI PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN DI KELAS VII MTS IT AL-ITTIHADYAH PEKANBARU TAHUN AJARAN 2016/2017

Wahyuni, Sri and Hasanah, Uswatun (2017) PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP ANTARA SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING DENGAN GUIDED INQUIRI PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN DI KELAS VII MTS IT AL-ITTIHADYAH PEKANBARU TAHUN AJARAN 2016/2017. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 4 (4). pp. 82-96. ISSN 2598-2427

[img] Text
374-Research Results-812-1-10-20180221.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (266kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/BL/article/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penguasaan konsep antara siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran discovery learning dengan guided inquiri pada materi sistem organisasi kehidupan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII MTs IT Al-Ittihadyah Pekanbaru pada semester ganjil di bulan November tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan adalah weak eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII.A dengan jumlah 33 siswa dan VII.B dengan jumlah 33 siswa yang diambil berdasarkan rata-rata kemampuan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent 2 samples t-test. Rerata N-gain pada kelas discovery learning 0.51 (kategori sedang), sedangkan pada kelas guided inquiri 0.26 (kategori rendah). Dari hasil uji-t terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas discovery learning dan guided inquiri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep antara siswa yang belajar menggunakan metode discovery learning dengan guided inquiri pada materi sistem organisasi kehidupan di kelas VII MTs IT Al-Ittihadyah Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci : discovery learning, guided inquiri, penguasaan konsep, sistem organisasi kehidupan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal UNILAK > Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Novianti
Date Deposited: 31 Dec 2019 07:11
Last Modified: 31 Dec 2019 07:11
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/868

Actions (login required)

View Item View Item