DAYUSMAR, DARNI (2016) PENGARUH PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS XII SMKN 7 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, FAKULTAS KEGURUAN & ILMU PENDIDIKAN.
Text
Skripsi.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Resource Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XII SMKN 7 Pekanbaru pada semester ganjil bulan November Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XII RPL3 dan XII ANIMASI dengan jumlah masing-masing kelas 30 siswa, yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan observasi siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent 2 Samples t-tes dan Uji U-man Whitney. Rerata N-Gain pada kelas kontrol 0,32 (Sedang), sedangkan pada kelas eksperimen 0,65 (Sedang). Dari hasil Uji U-man Whitney terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Resource Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di Kelas XII SMKN 7 Pekanbaru Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci : resource based learning, hasil belajar, ekosistem
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 4 not found. |
Date Deposited: | 19 Dec 2019 02:14 |
Last Modified: | 19 Dec 2019 02:14 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/704 |
Actions (login required)
View Item |