FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN SMK PGRI PEKANBARU DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR TAHUN 2012

SAPTARIA, ELSA (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN SMK PGRI PEKANBARU DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR TAHUN 2012. Other thesis, Universitas Lancang Kuning.

[img] Text
ELSA SAPTARIA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul : Faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa di perpustakaan SMK PGRI Pekanbaru dalam menunjang proses belajar tahun 2012. Sedangkan teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan Propertionate Stratifed Random Sampling yaitu penarikan sampel dimana populasi dibagi-bagi dalam lapisan yang juga disebut sub populasi atau stratum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Dari rata-rata skor dan total skor menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa di SMK PGRI Pekanbaru dari yang paling banyak memberikan kontribusi sampai yang paling kecil adalah : 1) Menciptakan suasana membaca di Perpustakaan SMK PGRI Pekanbaru dengan skor tertinggi pada suasana 6 yakni 391 Suasana membaca ternyata menempati peringkat pertama yang mempengaruhi minat baca siswa. Oleh sebab itu perlu ditingkatkan kebersihan, kerapian, serta tata ruang yang menyebabkan siswa nyaman membaca di perpustakaan. Termasuk didalamnya adalah pustakawan yang melayani siswa. 2) Program-program yang dilaksanakan dengan skor ke-dua pada program 7 dengan total skor 347 3) Promosi yang menjelaskan apa saja yang ada di perpustakaan SMK PGRI Pekanbaru dengan skor ke-tiga pada promosi 13 dengan skor 343 4) Koleksi perpustakaan juga merupakan faktor pendukung keempat terhadap minat baca dengan skor 342 5) Kerjasama dengan pihak yang terkait merupakan faktor pada peringkat terakhir dalam penelitian ini yang mempengaruhi minat baca siswa SMK PGRI Pekanbaru. 2. Minat baca siswa SMK PGRI Pekanbaru cukup baik terlihat dari daftar hadir dan peminjaman siswa di Perpustakaan SMK PGRI Pekanbaru. Yang menjadi saran dalam penelitian ini adalah : (1) Pengembangan koleksi perlu ditingkatkan untuk memperkaya jenis dan ragam bacaan yang menunjang proses belajar dan mengajar di SMK PGRI Pekanbaru. (2) Kerjasama dengan pihak guru-guru baik guru kelas maupun guru bidang studi perlu ditingkat untuk meningkat kunjungan ke perpustakaan. Kunjungan ini akan berdampak positif terhadap pembinaan minat baca siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Prodi Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 6 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2019 07:33
Last Modified: 31 Dec 2019 07:33
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/991

Actions (login required)

View Item View Item