Rikizaputra, Rikizaputra and Wulandari, Fitri (2017) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP KINERJA GURU DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMAN 13 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2016/2017. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 4 (1). pp. 97-110. ISSN 2598-2427
![]() |
Text
375-Research Results-814-1-10-20180221.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (289kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan persepsi siswa terhadap kinerja guru dengan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 13 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017 yang dilakukan pada bulan Januari 2017. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah 54 orang siswa kelas X yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari 30 pernyataan motivasi dan 30 pernyataan persepsi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi pearson product moment. Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi motivasi r = 0.098 berarti tolak H0 artinya terdapat hubungan positif antara motivasi dengan hasil belajar biologi, yang mempengaruhinya sekitar 9.8% sedangkan lainnya dipengaruhi oleh variabel lain. Nilai koefisien korelasi persepsi siswa terhadap kinerja guru r = 0.207 berarti tolak H0 artinya terdapat hubungan positif antara persepsi siswa terhadap kinerja guru dengan hasil belajar biologi, yang mempengaruhinya sekitar 20.7% sedangkan lainnya dipengaruhi oleh variabel lain dan nilai koefisien korelasi ganda antara motivasi dan persepsi siswa terhadap kinerja guru R = 0.207 berarti tolak H0 artinya terdapat hubungan positif antara motivasi dan persepsi siswa terhadap kinerja guru dengan hasil belajar, yang mempengaruhinya sekitar 20.7% sedangkan lainnya dipengaruhi oleh variabel lain. Interpretasi koefisien korelasi berkisaran antara 0.01-0.20 dengan kategori sangat rendah. Uji nilai signifikan koefisien korelasi diperoleh Fhitung = 1.144 dan Ftabel = 0.263, maka Fh (1.144) > Ft (0.263). Maka tolak H0 yang berarti terdapat hubungan signifikan antara motivasi dan persepsi siswa terhadap kinerja guru dengan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 13 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Kata kunci : motivasi, persepsi siswa, kinerja guru, hasil belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Jurnal UNILAK > Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Putri Novianti |
Date Deposited: | 31 Dec 2019 07:12 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 07:12 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |