PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS VIII SMP PGRI PEKANBARU T.A 2016/2017

Sari, Martala and Marheni, Yuni (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS VIII SMP PGRI PEKANBARU T.A 2016/2017. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 4 (1). pp. 56-69. ISSN 2598-2427

[img] Text
371-Research Results-806-1-10-20180221.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (426kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/BL/article/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match berbasis saintifik terhadap penguasaan konsep dan minat belajar siswa pada materi sistem pencernaan kelas VIII SMP PGRI Pekanbaru T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan November 2016. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group desain. Sampel penelitian ini adalah kelas kontrol VIII.C dengan jumlah 30 siswa dan kelas eksperimen VIII.D dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji-t apabila data berdistribusi normal dan homogen. Rerata N-gain pada kelas kontrol 0.24 (kategori rendah) dan kelas eksperimen 0.58 (kategori sedang). Berdasarkan uji statistik N-gain berbeda signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji-t, didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap minat belajar siswa, minat belajar siswa lebih tinggi setelah belajar dibandingkan dengan sebelum belajar. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran make a match berbasis saintifik terhadap penguasaan konsep dan minat belajar siswa pada materi sistem pencernaan kelas VIII SMP PGRI Pekanbaru T.A 2016/2017. Kata kunci: make a match, saintifik, penguasaan konsep, minat belajar, sistem Pencernaan

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Jurnal UNILAK > Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Novianti
Date Deposited: 31 Dec 2019 07:11
Last Modified: 31 Dec 2019 07:11
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/863

Actions (login required)

View Item View Item