PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN PENDEKATAN SETS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF (Studi Eksperimen di SMP Da’wah Pekanbaru T.A 2016/2017)

Afidah, Maratul and Purmatisa, Ade (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN PENDEKATAN SETS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF (Studi Eksperimen di SMP Da’wah Pekanbaru T.A 2016/2017). Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 4 (1). pp. 38-45. ISSN 2598-2427

[img] Text
365-Research Results-794-1-10-20180221.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (468kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/BL/article/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script dengan pendekatan SETS terhadap penguasaan konsep siswa pada materi zat aditif dan adiktif di kelas VIII SMP Da’wah Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan Desember 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen the matching only pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB dengan jumlah siswa masing-masing adalah 32 dan 34 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar aktivitas guru dan siswa. Analisis data menggunakan uji-t independent 2 sample. Berdasarkan hasil uji-t N-gain,rerata Ngain kelas kontrol adalah 0.50 (kategori sedang) dan kelas eksperimen adalah 0.67 (kategori sedang). Berdasarkan dari hasil uji-t maka diperoleh data yang berbeda signifikan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script dengan pendekatan SETS berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa pada materi zat aditif dan adiktif di kelas VIII SMP Da’wah Pekanbaru T.A 2016/2017. Kata kunci: cooperative script, pendekatan SETS, penguasaan konsep, zat aditif dan adiktif

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Jurnal UNILAK > Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Novianti
Date Deposited: 31 Dec 2019 07:11
Last Modified: 31 Dec 2019 07:11
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/861

Actions (login required)

View Item View Item