sari, Ermina and Yuliawati, Sri (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JAMUR DI KELAS X MAS AL-WASHLIYAH MARBAU T.A. 2016/2017. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 4 (1). pp. 15-28. ISSN 2598-2427
Text
361-Research Results-788-1-10-20180221.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (535kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick berbantuan picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada materi jamur dikelas X MAS Al-Washliyah Marbau. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah the Matching Only Pretest Posttest Control Group Desain. Sampel penelitian adalah siswa kelas XA dan XB dengan jumlah siswa kelas X A adalah 23 siswa dan kelas XB adalah 25 siswa, yang diambil dengan teknik total random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t independent 2 samples. Berdasarkan hasil uji-t N-Gain, rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0,76 (tinggi), sedangkan pada kelas kontrol 0,35 (sedang). Hasil uji-t terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick berbantuan picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada materi jamur dikelas X MAS Al-Washliyah Marbau tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci : talking stick, picture and picture, hasil belajar, jamur
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurnal UNILAK > Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Putri Novianti |
Date Deposited: | 31 Dec 2019 07:10 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 07:10 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/856 |
Actions (login required)
View Item |