Jumiati, Jumiati and Taufitri, Sismi (2018) KENDALA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS LANCANG KUNING DALAM PELAKSANAAN MATA KULIAH MICROTEACHING T.A 2016/2017. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 5 (1). pp. 79-90. ISSN 2598-2427
Text
1013-Research Results-1809-1-10-20180411.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (107kB) |
Abstract
:Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kendala mahasiswa dalam pelaksanaan mata kuliah microteaching di prodi pendidikan biologi FKIP Universitas Lancang Kuning tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan teknik total sampling yang dilakukan di prodi pendidikan biologi FKIP Universitas Lancang Kuning. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 81 mahasiswa. Berdasarkan analisis persentase kendala mahasiswa dalam pelaksanaan mata kuliah microteaching sebesar 59.72%. Kendala mahasiswa yang dipengaruhi oleh aspek persiapan tertulis sebesar 58.18%, kendala mahasiswa yang dipengaruhi oleh aspek proses belajar mengajar diperoleh sebesar 58.95%, kendala mahasiswa yang dipengaruhi oleh sikap dalam mengajar diperoleh sebesar 65.52%. Kendala mahasiswa yang dipengaruhi oleh mater pedagogi diperoleh sebesar 56.25%. Kendala mahasiswa keempat indikator diatas termasuk kategori sedang (50-75). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa mengalami kendala dalam pelaksanaan mata kuliah microteaching di prodi pendidikan biologi FKIP Universitas Lancang Kuning termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci :Kendala mahasiswa, microteaching
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Jurnal UNILAK > Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Putri Novianti |
Date Deposited: | 31 Dec 2019 07:07 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 07:07 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/839 |
Actions (login required)
View Item |