PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR 5E BERBANTUAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN MOTIVASI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMPN 30 PEKANBARUT.A 2017/2018

Awal, Raudhah and Efriani, Efriani (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR 5E BERBANTUAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN MOTIVASI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMPN 30 PEKANBARUT.A 2017/2018. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 5 (1). pp. 33-44. ISSN 2598-2427

[img] Text
1010-Research Results-1803-1-10-20180411.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (163kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/BL/article/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Siklus Belajar 5E berbantuan Tutor Sebaya terhadap hasil belajar siswa dan motivasi pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMPN 30 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah the matching only pretest posttest control group desaign. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII.3 berjumlah 38 orang dan siswa kelas VII.4 berjumlah 37 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, angket motivasi, serta lembar aktivitas guru dan siswa. Analisis data menggunakan Uji-t independent 2 samples. Rerata N-gain pada kelas kontrol adalah 0.21 (kategori rendah) dan pada kelas eksperimen adalah 0.82 (kategori tinggi). Rerata angket pada kelas kontrol adalah 70.54 (kategori tinggi) dan pada kelas eksperimen adalah 101.89 (kategori sangat tinggi). Hasil uji-t N-gain kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 0.006. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E berbantuan Tutor Sebaya terhadap hasil belajar siswa dan motivasi pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMPN 30 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci : Model Siklus Belajar 5E, Tutor Sebaya, hasil belajar, motivasi, pencemaran lingkungan.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Jurnal UNILAK > Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Novianti
Date Deposited: 31 Dec 2019 07:07
Last Modified: 31 Dec 2019 07:07
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/836

Actions (login required)

View Item View Item