PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DIPADUKAN MODEL PAIR CHECK TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII SMP N 19 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2017/2018

Rikizaputra, Rikizaputra and Hasanah, Amatul (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DIPADUKAN MODEL PAIR CHECK TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII SMP N 19 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2017/2018. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 5 (1). pp. 23-32. ISSN 2598-2427

[img] Text
1009-Research Results-1801-1-10-20180411.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (148kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/BL/article/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay dipadukan model Pair Check terhadap pengetahuan konseptual dan motivasi belajar pada konsep gerak pada tumbuhan siswa kelas VIII SMP N 19 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan quasi eksperiment the matching only pretest posttesr control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.1 berjumlah 35 orang dan siswa kelas VIII.2 berjumlah 36 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan Uji-t independent 2 sampel. Retata N-Gain pada kelas kontrol adalah 0.33 (kategori sedang) dan pada kelas eksperimen adalah 0.81 (kategori tinggi). Rerata skor angket pada kelas kontrol adalah 59.92 dan pada kelas eksperimen adalah 76.37. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Course Review Horay dipadukan model Pair Check terhadap pengetahuan konseptual dan motivasi belajar pada materi gerak pada tumbuhan siswa kelas VIII SMP N 19 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci : Course Review Horay, Pair Check, pengetahuan konseptual, motivasi, gerak tumbuhan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal UNILAK > Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Novianti
Date Deposited: 31 Dec 2019 07:06
Last Modified: 31 Dec 2019 07:06
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/835

Actions (login required)

View Item View Item