PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK BERBANTUAN MEDIA HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DIKELAS VII SMP NEGERI 32 PEKANBARU T.A 2017/2018

Firda, Arlian and Nurmawani, Nurmawani (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK BERBANTUAN MEDIA HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DIKELAS VII SMP NEGERI 32 PEKANBARU T.A 2017/2018. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 5 (1). pp. 11-22. ISSN 2598-2427

[img] Text
1008-Research Results-1799-1-10-20180411.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (103kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/BL/article/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check berbantuan media Handout terhadap hasil belajar siswa pada materi Ciri-ciri Makhluk Hidup. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 32 Pekanbaru bulan Januari 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan the matching only pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII2 berjumlah 36 siswa dan VII3 berjumlah 35 siswa dengan teknik pengambilan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa uji-t. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0,80 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol 0,18 (kategori rendah). Hasil uji-t terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rerata aktivitas guru kelas eksperimen pertemuan I adalah 100% dan pertemuan II 100%, aktivitas guru pada kelas kontrol pertemuan I yaitu 80,00% dan pertemuan II 100%. Rerata aktivitas siswa pada kelas eksperimen pertemuan I 88,00 dan pertemuan II 92,57, sedangkan rerata aktivitas siswa pada kelas kontrol pertemuan I 56,94 dan II adalah 63,88. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check berbantuan media Handout terhadap hasil belajar siswa pada materi Ciri-ciri Makhluk Hidup di kelas VII SMP Negeri 32 Pekanbaru T.A 2017/2018. Kata kunci : Pair Check, Handout, Hasil Belajar, Ciri-ciri Makhluk Hidup.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Jurnal UNILAK > Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Novianti
Date Deposited: 31 Dec 2019 07:06
Last Modified: 31 Dec 2019 07:06
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/834

Actions (login required)

View Item View Item