Dinata, Marta and Khafidhah, Mar’atul (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN BERBANTUAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI KELAS VIII SMP BUKIT RAYA PEKANBARU T.A 2017/2018. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 5 (1). pp. 1-10. ISSN 2598-2427
Text
1007-Research Results-1797-1-10-20180411.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (62kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token berbantuan animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan di kelas VIII SMP Bukit Raya Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan November 2017. Penelitian ini menggunakan desain the macthing only pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A dengan jumlah siswa 35 orang dan kelas VIII C dengan jumlah siswa 36 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar aktifitas guru dan siswa. Analisis data menggunakan Uji-Tindependen 2 sample. Berdasarkan hasil uji-t N-Gain diketahui terdapat perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000.. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token berbantuan animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan di kelas VIII SMP Bukit Raya Pekanbaru T.A 2017/2018 Kata Kunci: Time token, animasi, hasil belajar, sistem pencernaan makanan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Jurnal UNILAK > Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Putri Novianti |
Date Deposited: | 31 Dec 2019 07:06 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 07:06 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/833 |
Actions (login required)
View Item |