THE RELATIONSHIP BETWEEN ANXIETY AND RETENTION TOWARDS LEARNING ACHIEVEMENT REMEDIAL ON MATERI SKELETON SYSTEM IN CLASS VIII SMP NEGERI 30 PEKANBARU ACADEMIC YEAR 2018/2019

zaputra, Riki and Sari, Kumala (2019) THE RELATIONSHIP BETWEEN ANXIETY AND RETENTION TOWARDS LEARNING ACHIEVEMENT REMEDIAL ON MATERI SKELETON SYSTEM IN CLASS VIII SMP NEGERI 30 PEKANBARU ACADEMIC YEAR 2018/2019. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 6 (1). pp. 78-86. ISSN 2598-2427

[img] Text
2696-Article Text-5775-1-10-20190521.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (753kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/BL/article/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan dan retensi terhadap hasil belajar remedial di kelas VIII SMP Negeri 30 Pekanbaru Tahun Ajaran 2018/2019.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2018. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dan populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel yang diambil sebanyak 69 siswa dengan teknik Perposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal yang terdiri dari 30 pernyataan kecemasan dan 30 soal retensi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kecemasan dan retensi terhadap hasil belajar remedial dengan korelasi Uji nilai signifikan koefisien korelasi ganda Fhitung = 15,76 dan Ftabel = 3,14, maka Fh (15,76) > Ft (3,14) maka tolak H0 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan dan retensi terhadap hasil belajar remedial di kelas VIII SMP Negeri 30 Pekanbaru Tahun Ajaran 2018/2019. katakunci: Kecemasan, retensi, hasil belajar remedial

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Jurnal UNILAK > Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Novianti
Date Deposited: 31 Dec 2019 07:04
Last Modified: 31 Dec 2019 07:04
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item View Item