PENGARUH PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERBANTUAN STANDING BANNER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA T.A 2018/2019

Khudri Sembiring, Al and Dinata, Marta and Sukaida, Lesi (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERBANTUAN STANDING BANNER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA T.A 2018/2019. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 6 (1). pp. 35-46. ISSN 2598-2427

[img] Text
2688-Article Text-5755-1-10-20190520.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (476kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/BL/article/...

Abstract

Pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru membuat siswa tidak mengerti terhadap materi yang disampaikan oleh guru sehingga mereka cenderung bertanya kepada temannya. Hal ini menyebabkan permasalahan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Tutor Sebaya berbantuan media Standing Banner terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Negeri 18 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan Desember tahun pelajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan The Matching Only PretestPosttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas kontrol VIII 2 dengan jumlah 36 siswa dan kelas eksperimen VIII 1 dengan jumlah 35 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi berupa aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t Independent Samples Test. Rerata N-Gain pada kelas kontrol adalah 0.28 kategori rendah dan kelas eksperimen adalah 0.63 kategori sedang. Berdasarkan analisis hasil uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Tutor Sebayaberbantuan media Standing Banner terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Negeri 18 Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Tutor sebaya, standing banner, hasil belajar siswa, sistem pencernaan manusia

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Jurnal UNILAK > Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Novianti
Date Deposited: 31 Dec 2019 07:02
Last Modified: 31 Dec 2019 07:02
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/814

Actions (login required)

View Item View Item