Jumiati, Jumiati and Umiati, Umiati (2019) PENGARUH MODEL SCRAMBLE TIPE WACANA BERBANTUAN WHATSAPP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA FKIP UNILAK MATERI BRYOPHYTA. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 6 (1). pp. 14-24. ISSN 2598-2427
Text
2683-Article Text-5744-1-10-20190520.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (692kB) |
Abstract
Materi Bryophyta merupakan materi yang sulit dibayangkan karna materi ini masih termasuk tumbuhan talus yang belum bisa dibedakan antara akar, batang dan daun sehingga membutuhkan media yang efektif sebagai alat bantu saat proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model scramble tipe wacana berbantuan WhatsApp terhadap penguasaan konsep mahasiswa FKIP Unilak materi Bryophyta. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan Desember 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah Weak Eksperimen Dengan One-Group pretest-postest Design. sampel yang digunakan untuk penelitian adalah 39 orang mahasiswa dari kelas reguler yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, lembar observasi aktivitas dosen dan mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa T-Test. Rerata N-Gain pada pretest dan posttest 0.64 kategori sedang dan hasil uji N-Gain menggunakan one sample t-test dengan nilai 0.00<0.05 yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran scramble tipe wacana berbantuan WhatsApp terhadap penguasaan konsep mahasiswa FKIP Unilak pada materi Bryophyta . Kata kunci : Scramble, WhatsApp, Penguasaan Konsep, Bryophyta
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QK Botany |
Divisions: | Jurnal UNILAK > Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Putri Novianti |
Date Deposited: | 31 Dec 2019 07:02 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 07:02 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/809 |
Actions (login required)
View Item |