Efektivitas Media Pasir dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Aisyiyah Bengkalis

Reswita, Reswita and Wahyuni, Sri (2018) Efektivitas Media Pasir dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Aisyiyah Bengkalis. Jurnal Pendidikan, 9 (1). pp. 43-51. ISSN 2549-063X

[img] Text
927-Research Results-1646-1-10-20180402.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (149kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/art...

Abstract

Kemampuan mengenal konsep bilangan merupakan salah satu pengembangan aspek kognitif pada anak usia 5–6 tahun. Beberapa TK telah menerapkan berbagai media dalam meningkatkan pemahaman konsep bilangan anak, salah satunya dengan media pasir. Beberapa fenomena yang menjadi acuan penggunaan media ini di antaranya: 1) Anak belum sempurna dalam membilang/mengenal urutan bilangan 1-10, 2) sebagian anak belum mampu dalam membilang/mengenal konsep bilangan dengan bendabenda, 3) masih ada anak yang tidak bisa mengurutkan urutan bilangan 1-10, dan 4) masih ada sebagian anak ada yang belum dapat mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Supaya pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan, maka diterapkan pembelajaran yang inovatif yakni bermain pasir. Kemampuan konsep bilangan anak usia 5-6 di TK Aisyiyah Bengkalis dengan menggunakan media pasir mengalami peningkatan setiap tahapnya. Pada data awal diperoleh nilai 39,5% dengan kriteria belum berkembang. Setelah dilakukan perbaikan pada tahap I diperoleh nilai sebesar 54,1% dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada tahap II diperoleh nilai sebesar 77,7% dengan kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik). Peningkatan yang terjadi dari data awal ke tahap I sebesar 14,6%, nilai peningkatan dari tahap I ke tahap II sebesar 23,7%, dan peningkatan secara keseluruhan dari data awal ke tahap II sebesar 38,3%. Kata Kunci: Efektivitas media pasir, Konsep bilangan, anak usia dini

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2019 10:12
Last Modified: 21 Oct 2019 10:12
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/79

Actions (login required)

View Item View Item