Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Pendidikan di Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lancang Kuning

Nizar, Rini and Amalia, Amalia and Nurwati, Niken (2018) Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Pendidikan di Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lancang Kuning. Jurnal Pendidikan, 9 (1). pp. 17-27. ISSN 2549-063X

[img] Text
916-Research Results-1628-1-10-20180402.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (78kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/art...

Abstract

Prodi Agribisnis memiliki visi “Menjadi Program Studi yang Menghasilkan Lulusan yang Unggul dalam mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan jiwa kewirausahaan Bidang Agribisnis dengan Berlandaskan Budaya Melayu di tahun 2030”. Untuk mencapai visi tersebut diperlukan langkah-langkah kongkret, salah satunya adalah dengan mengenali mahasiswa yang merupakan konsumen dari jasa pelayanan pendidikan. Paradigma lama yang fokus terhadap produk saja akan menyebabkan kita akan mengalami ketertinggalan dan bahkan mungkin saja akan ditinggalkan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mengetahui kesenjangan antara kenyataan dan harapan mahasiswa terhadap pelayanan pendidikan dan (2) Menentukan prioritas perbaikan pelayanan pendidikan di prodi Agribisnis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan Metode Rasch dimana metode ini menjadi pembeda dari penelitian sejenis sebelumnya. Tidak dilakukan pengujian instrumen penelitian dengan uji validitas dan uji reabilitas pada penelitian ini karena kuisioner yang digunakan adalah kuisioner standart yang sudah digunakan untuk perguruan tinggi bermutu lihat pada lampiran kuisioner (Tampubolon, 2001). Dari hasil analisis kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan pendidikan di Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lancang Kuning didapat kesimpulan sebagai berikut: (1) Kesenjangan antara kenyataan dan harapan terhadap pelayanan pendidikan di Prodi Agribisnis diperoleh hasil gap positif dimana responden telah menerima layanan pendidikan yang melebihi harapan untuk dimensi reability, tangible dan dimensi responsive. Sedangkan hasil gap negatif dimana responden telah menerima pelayanan pendidikan kurang dari harapan untuk dimensi sumber belajar, jasa ekstrakurikuler, sarana dan prasarana dan assurance. (2) Yang harus menjadi prioritas perbaikan pelayanan pendidikan di prodi agribisnis berdasarkan urutan prioritas adalah sebagai berikut: (a) Dimensi Sarana dan Prasarana (b) Dimensi Assurance, (c) Dimensi Sumber Belajar dan (d) Dimensi Jasa Ekstrakurikuler Kata Kunci: Tingkat Kepuasan, Mahasiswa, Prodi Agribisnis, Metode Rasch

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Prodi Agribisnis
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2019 10:12
Last Modified: 21 Oct 2019 10:12
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/73

Actions (login required)

View Item View Item