PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT AND SATISFACTION) DENGAN PENDEKATAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN SMPN 19 PEKANBARU T.A 2015/2016

REZKI, FEBRIANI (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT AND SATISFACTION) DENGAN PENDEKATAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN SMPN 19 PEKANBARU T.A 2015/2016. Other thesis, FAKULTAS KEGURUAN & ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
FEBRIANI REZKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (168kB)
Official URL: file:///D:/download/PDF%20JURNAL%20SUDAH%20DIINPUT...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment And Satisfaction) dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Jenis penelitian yang di gunakan adalah kuasi eksperimen pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November di SMP Negeri 19 Pekanbaru kelas VIII Semester I Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas kontrol VIII1 dengan jumlah siswa 33 dan kelas eksperimen VIII4 dengan jumlah siswa 34, yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi berupa aktivitas siswa dan guru. Rerata N-gain pada kelas eksperimen 0,78 (kategori tinggi) dan pada kelas kontrol 0,45 (kategori sedang). Hasil Uji U-Mann Whitney terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment And Satisfaction) dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Kata Kunci : ARIAS, CTL, hasil belajar, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 02:16
Last Modified: 19 Dec 2019 02:16
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/716

Actions (login required)

View Item View Item