ANALISIS BAHASA IKLAN PADA MAJALAH KARTINI

Hutahaean, Sorta (2004) ANALISIS BAHASA IKLAN PADA MAJALAH KARTINI. Jurnal Ilmu Budaya, 1 (1). pp. 21-35. ISSN 1829-8338

[img] Text
668-Article Text-1230-1-10-20180313.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/jib/article...

Abstract

Analisis Bahasa Iklan Pada Maja/ah Kartini (Advertisement at Kartini .Magazine). Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan fungsi bahasa yang digunakan dalam iklan majalah Kartini. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data diambil dari majalah Kartini Sample diambil secara acak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variasi bahasa yang digunakan dalam iklan majalah Kartini tersebut ada/ah bahasa tu/is tidak resmi. Variasi-variasi yang digunakan terlihat pada dialek dan sociolek. Fungsi bahasa yang digunakan pada iklan-iklan tersebut adalah informative, ekpressif, direktif, phatik, aesthetic, refensial, kontektual, persuasive, dan argumentative. Keywords: bahasa iklan, majalah kartini

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Jurnal UNILAK > Jurnal Ilmu Budaya
Depositing User: Putri Novianti
Date Deposited: 19 Dec 2019 02:16
Last Modified: 19 Dec 2019 02:16
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item